04 Oktober 2013

1ID09 - TUGAS KE - 2 - ILMU BUDAYA DASAR


Istilah tari piring berasal dari bahasa Minangkabau . Dalam bahasa Minangkabau tari piring sering di sebut tari Piriang . Tari piring merupakan salah satu tarian tradisional yang bernilai seni . Tari piring berasal dari provinsi Sumatera Barat , tepatnya berasal dari kota Solok .


Asal mula tari Piring kira - kira 8 abad yang lalu , Tari Piring telah ada di wilayah kehuluan Melayu . Tari Piring identik dengan Sumatera Barat . Hingga masa kerajaan Sri Vilaya , eksistensinya masih ada bahkan semakin mentradisi . Pada saat masa - masa kerajaan Majapahit , tepatnya abad ke - 16 , kerajaan Sri Vijaya di paksa jatuh . Pada awalnya Tari Piring di peruntukkan buat persembahan para Dewa , di barengi dengan penyediaan sesaji dalam bentuk makanan . Tarian ini di bawakan oleh beberapa perempuan yang dengan penampilan khusus , berbusana indah , sopan , tertib , dan lemah lembut .


Hingga sekarang Tari Piring masih di budayakan di Indonesia . Keunikan Tari Piring adalah Kesamaan gerakannya , Mimik muka penarinya dan keahliannya dalam memutarkan piring .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar